PENDAHULUAN
Penjelasan Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 (Depdiknas, 2005) menyatakan
dalam Visi pendidikan nasional adalah mewujudkan sistem
pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan
semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas
sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Misi pendidikan nasional adalah : (1)
mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang
bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia ; (2) meningkatkan mutu pendidikan yang
memiliki daya saing di tingkat nasional, regional, dan internasional ; (3)
meningkatkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan
global ; (4) membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara
utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat
belajar ; (5) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan
untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral ; (6) meningkatkatkan
keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan
ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan
standar yang bersifat nasional dan global ; dan (7) mendorong peran serta
masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam
konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia..
Terkait
dengan salah satu misi tadi persoalan yang paling mendasar dalam upaya
peningkatan Indeks Pembangunan
Manusia (IPM) masih relatif jauh dari harapan pemerintah provinsi
Jawa Barat maupun pemerintah Kabupaten Cianjur.
Peningkatan
kualitas sumber daya manusia, keberadaan Lembaga pendidikan dalam hal ini
Sekolah mempunyai peran strategis dalam rangka peningkatan IPM, yang didapat
dari siswa sebagai produknya. Sekolah sebagai Unit Pelaksana Teknis di daerah
yang langsung menangani masalah pendidikan di lapangan, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar
untuk mendukung program pemerintah tersebut.
Sektor yang sangat menentukan dalam pembentukan dan pengembangan
kualitas sumber daya manusia Indonesia dimasa mendatang adalah sektor
pendidikan. Penyelenggaraan dan pelaksanaannya merupakan tanggung jawab bersama
antara pemerintah dan masyarakat.
Kebutuhan pendidikan bagi masyarakat
sekarang ini perlu mendapat perhatian yang utama dari pemerintah. Hal ini guna lebih mempercepat peningkatan sumber daya manusia yang
berkualitas. Khusus bagi sekolah kami apabila pengadaan sarana dan prasarana
sebagai penunjang peningkatan mutu sumber daya manusia yang berkualitas melalui partisifasi masyarakat relatif tidak
mungkin dapat memenuhi harapan. Pemahaman tentang terbitnya PP No. 48 Tahun
2008 tentang Pendanaan Pendidikan di lingkungan masyarakat kami, terkesan lepas
dari tanggung jawab dalam hal partisipatif dalam pemeliharaan maupun pengadaan
bangunan/gedung sebagai sarana penunjang.
Ruang Pasilitas lainnya (RPL): Ruang Kelas Baru, Ruang
Perpustakaan, Ruang Media, Ruang Bermain dan sejenisnya, merupakan pembiayaan
pendidikan yang tergolong kepada Biaya
Investasi Pemerintah Pusat dan Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota). Sebagai gambaran perlu kami informasikan bahwa keadaan sarana dan prasarana pendidikan yang belum dimiliki YAYASAN
NURULHIDAYAH PASUNDAN Haurwangi Cianjur saat ini, yaitu Ruang Kelas. Ruang Fasilitas Lainnya dan Ruang Bermain selama
ini ruang untuk belajar untuk PAUD dan TK menggunakan Ruangan Gudang Milik
Yayasan YANG KONDISINYA SANGAT MEMPERIHATINKAN SUDAH RUSAK BERAT, mengingat pertambahan
Peserta didik setiap tahun terus meningkat. Atas dasar pertimbangan di atas
kami memberanikan diri untuk mengajukan bantuan berupa Ruang Kelas Baru dan
Ruang Pasilitas Lainnya melalui Instansi yang Bapak Pimpian.
VISI DAN MISI SEKOLAH
a. Visi Sekolah
Ø
Visi
Kabupaten cianjur :
” Mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih
cerdas, lebih sehat, lebih sejahtera dan berakhlaqulkarimah ”
Ø Program Jangka Pendek
1. Menyediakan layanan pendidikan yang GRATIS dan
bermutu tinggi bagi anak usia 0 s/d 6 tahun.
2. Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak 0
s/d 6 tahun
3. Mengembangkan potensi diri untuk membentuk karakter
anak yang berakhlak
4. Anak mampu dan terampil percaya diri serta berani
mengatakan yang baik
Ø Program Jangka Panjang
1. Menata dan memperbaiki ruang belajar agar anak
merasa nyaman dan tenang
2. Meningkatkan kualitas SDM (Pengajar) dengan cara
diikut sertakan pada pelatihan-pelatihan TK
3. Melibatkan orang tua siswa pada acara-acara sekola
b. Misi Sekolah
1.
Belajar hidup dalam genggaman Ilahi
2. Melengkapi
peserta didik dengan cara berfikir kritis
3. Mengedepankan
moralitas peserta didik
4.
Mengikuti perkembangan global
PENUTUP
Untuk mewujudkan ide dan cita-cita yang
dikemas dalam rencana kegiatan sekolah, Yayasan Nurulhidayah
Pasundan Haurwangi menyusun dan mengajukan proposal pembangunan ruangan pendidikan ini.
Semoga dengan bantuan Bapak, pada akhirnya pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dilingkungan Yayasan
Nurulhidayah Pasundan dapat berjalan lancar,
terfasilitasi
sebagaimana mestinya sesuai dengan sarana dan prassarana yang memadai.